Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Di Puncak Perayaan Dies Natalis Ke-42, BAKAMLA RI dan Unib Teken MoU 

Di Puncak Perayaan Dies Natalis Ke-42, BAKAMLA RI dan Unib Teken MoU 

KEPALA Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Republik Indonesia, Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah, S.H, M.Tr (Ospla) hadir di acara puncak peringatan Dies Natalis Unib Ke-42 tidak hanya untuk memberikan orasi ilmiah, tapi juga menandatangani nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara BAKAMLA RI dengan Universitas Bengkulu.

Kepala BAKAMLA RI dan Rektor Unib ketika menandatangani MoU.(foto:hms1)

Acara penandatanganan MoU yang dilaksanakan dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Bengkulu di Gedung Serba Guna (GSG) Unib ini turut disaksikan sejumlah Guru Besar, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Danlanal Bengkulu, serta ratusan mahasiswa dan undangan lainnya.

Dari pihak BAKAMLA RI sendiri juga hadir Direktur Kerjasama BAKAMLA RI, Laksma Bakamla Eka Satari, Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Madya Kolonel Bakamla Aman Kurniawan, S.H, M.Tr.Hanla, MM, serta sejumlah staf Bakamla lainnya.

MoU yang ditandatangani diharapkan memberikan kemanfaatan bagi kemajuan dunia akademik.(hms1)

“Semoga dengan MoU ini kita bisa saling bersinergi dan berkolaborasi dalam peningkatan kualitas pendidikan, melaksanakan penelitian bersama di bidang yang relevan, serta dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bersama-sama,” ujar Kepala BAKAMLA RI, Dr. Irvansyah.

Secara teknis kata Dr. Irvansyah, MoU ini diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dengan adanya kerjasama penempatan pemagangan mahasiswa, kuliah umum dan lain sebagainya yang sejalan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kepala BAKAMLA RI dan Rektor Unib saling memberi cindera mata.(foto:hms1)

“Kami mengajak dan siap menerima adik-adik mahasiswa Unib untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dengan magang atau praktek kerja di Bakamla RI, dan jika telah lulus nanti kami juga menerima adik-adik yang mempunyai kemampuan untuk bergabung di Bakamla RI,” tutur Dr. Irvansyah yang merupakan putra daerah Bengkulu dan alumni SMAN 2 Kota Bengkulu ini.

Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc sangat mengapresiasi Kepala BAKAMLA RI yang telah memberikan orasi ilmiah dan melakukan penandatanganan MoU dengan Unib di hari yang bertepatan dengan hari ulang tahun Unib ke-42 ini.

Kepala BAKAMLA RI dan Rektor Unib ketika jumpa pers dan foto bersama dengan sivitas akademika.(hms1)

“Semoga MoU ini memberikan manfaat secara berkelanjutan, khususnya sebagai kontribusi nyata dalam peningkatan sumberdaya manusia di Provinsi Bengkulu dan di Indonesia umumnya. MoU ini merupakan langkah strategis karena di Unib sendiri sudah ada Program Studi Ilmu Kelautan yang terus dioptimalkan pengembangannya,” ujar Dr. Retno.

Usai melakukan penandatanganan MoU, Kepala BAKAMLA RI Dr. Irvansyah dan Rektor Unib Dr. Retno Agustina Ekaputri saling bertukar cindera mata plakat institusi, bahkan cindera mata dari BAKAMLA RI berupa miniatur sebuah kapal sebagai symbol keamanan laut Indonesia. Rangkaian acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama. [Purna Herawan/Humas].

Para Anggota Senat, Guru Besar, mahasiswa dan undangan sangat antusias foto bersama dengan Kepala BAKAMLA RI Laksamana Madya TNI Dr. Irvansyah.(foto:hms1)